Senin, 09 Juli 2012

 
Belum Termasuk Ongkir 


Mengagumkan! Saat sedang berpuasa, di siang hari yang terik menghauskan, pernahkah Anda berpikir untuk mereguk barang setetes-dua tetes air secara diam-diam? Atau, seorang ibu  muslimah yang sedang memasak  di dapur sendirian, mengapa ia langsung meludahkan makanan setelah selesai mencicipi masakan? Bukankah, tak ada yang tahu, seandainya ia menelannya begitu saja? ‘Doktrin’ macam apakah yang membuat seorang Muslim yang berpuasa merasa tak pernah lepas dari pengawasan Rabbnya?
 

Allah berfirman dalam hadits Qudsi, “Puasa itu milik-Ku dan Aku sendirilah yang akan mengganjarnya” (H.R. Bukhari)
 
Tak pelak, Ramadhan menjadi momentum penting bagi ibadah seorang hamba. Kegagalan seseorang dalam memanfaatkan Ramadhan, berarti kegagalan dalam memanfaatkan seluruh hidupnya.
Lantas, bagaimana memperlakukan Ramadhan, agar beroleh manfaat yang maksimal?
 
Permasalahan tersebut agaknya menarik perhatian Dr. Ibrahim Ad-Duwaisy seorang penulis sekaligus dai terkemuka dari Arab Saudi, yang selama ini dikenal dengan ceramah-ceramahnya yang menyentuh hati.
 
Penulis mencoba menguraikan semua keutamaan Bulan Ramadhan dalam buku ini Tak lupa beliau sertakan 40 tips mengisi amal di bulan Ramadhan. Berlaku bagi semua lapisan masyarakat; mulai dari pengurus masjid, kepala rumah tangga, ibu-ibu hingga anak-anak. Paparan penulis yang ringkas, sederhana dan menyentuh menjadi semakin menarik. Karena ide-ide yang ditawarkan akrab dengan kehidupan kita sehari-hari.
 
Kelebihan buku diantaranya adalah, paparan penulis tentang segala hal yang selama ini menggelitik perasaan kaum muslimin yang menjalankan ibadah puasa, seperti:
Bagaimana menghayati makna spiritual Ramadhan, lengkap dengan contoh kisah-kisah nyata, bagaimana kiat memanfaatkan bulan Ramadhan, siapapun dia; pengurus masjid, kepala rumah tangga, ibu-ibu, bahkan anak-anak degan cara yang sangat gampang dan sederhana, serta bagaimana menjadikan semangat Ramadhan selalu hidup pada setiap saat. Termasuk bagaimana menebus kegagalan meraih keutamaan  Ramadhan kali ini.
 
Dus, sengaja kami sajikan buku Ramadhan Sepanjang Masa sebagai hadiah Ramadhan bagi pembaca sekalian. Buku ini merupakan kompilasi dari muhadharah (kajian umum) yang pernah disampaikan oleh Penulis di hadapan para penuntut ilmu di Timur Tengah, yang kemudian didokumentasikan dalam bentuk tulisan, dan selanjutnya dipublikasikan secara luas.
Judul buku ini pun cukup sesuai, mengingat Penulis di dalam buku ini berulang kali menekankan tentang arti penting untuk terus menjaga “Semangat Ramadhan” dalam keseharian, sekalipun Ramadhan telah usai.
Buku ini diharapkan dapat mendampingi pembaca sekalian dalam rangka mengoptimalkan panen pahala di bulan di tiap tahunnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar